Tips Memulai Bisnis Startup Buat Pemula

Bahkan ada pemikiran yang berkata bahwa tidak semua orang bisa menjadi pengusaha. Tapi sebenarnya, semua orang bisa kok menjadi pengusaha jika kamu mau belajar dan bekerja keras. Scott Gerber adalah seorang pengusaha muda, penulis, dan investor asal Amerika Serikat.

tips bisnis pemula

Hanya dengan fokus pada media sosial, email list dan referral maka anda tidak perlu lagi menghabiskan banyak uang untuk iklan dalam jangka panjang. Hal ini karena anda dapat mempromosikan produk atau konten anda dengan saluran anda sendiri. Kebanyakan orang hanya fokus dalam meningkatkan website mereka lebih dahulu.

Ada kalanya seorang pebisnis pemula enggan meminta nasihat karena malu atau kurang mampu berkomunikasi dengan senior. Pada dasarnya orang senang dan menikmati membantu sesama; bahkan untuk ditanya nasihatnya sekalipun. Jangan ragu bertanya dan meminta masukan, karena sebagai orang yang tengah dalam masa perjuangan mendirikan dan memajukan bisnis, Anda sangat membutuhkan itu. Menjadi seorang pengusaha sukses kerap melibatkan serangkaian tindakan salah-langkah dan kekeliruan sebelum sepenuhnya hinggap pada ide atau bisnis yang tepat. Dengan demikian, salah satu syarat utama dan pertama menjadi seorang pebisnis pemula adalah mampu menjadi seorang pendengar yang baik.

Jika anda sudah selesai melakukan semua hal diatas, maka anda sudah siap untuk menjual produk anda. Perlu anda ketahui jika harga memiliki peran yang sangat penting dalam menarik pelanggan. bahkan jika memang pelru anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan bantuan dari tim ahli pasar online. Setelah anda meluncurkan toko online anda dapat mulai mengumpulkan email list dan membangun referral traffic. Dengan melakukan hal tersebut sejak hari pertama, anda akan lebih mudah menumbuhkan basis audiense dengan lebih cepat.

Berikut ini adalah 10 tips untuk sukses memulai bisnis untuk pemula oleh Scott Gerber. Setiap orang pastinya pernah melakukan kesalahan, apalagi dalam berbisnis kesalahan menjadi salah satu hal yang wajar. Apalagi jika Anda masih pemula dalam berbisnis, Anda harus banyak belajar dari kesalahan yang pernah diperbuat.

Jangan pernah malu untuk mengakui kesalahan, karena kesalahan akan meningkatkan kemampuan jika Anda mau belajar bagaimana memecahkan solusinya. Bila perlu kesalahan yang pernah dibuat dicatat, sehingga nanti sewaktu akan bertindak bisa dijadikan acuan agar tidak melakukan kesalahan lagi. Pesaingan di masa sekarang semakin ketat; itu sebabnya bisnis kamu harus memiliki faktor pembeda dengan pesaing. Faktor pembeda tersebut biasa dikenal dengan istilah Unique Selling Point. Banyak cara untuk membangun USP, salah satunya melalui brand bisnis.